Saturday, December 29, 2012

Densitas



Densitas adalah perbandingan antara massa suatu zat dibagi dengan volumenya. Gerakan air yang luas dapat diakibatkan oleh perbedaan densitas dari lapisan lautan yang mempunyai kedalaman yang berbeda-beda. Perbedaan-perbedaan ini timbul terutama disebabkan oleh salinitas dan suhu. Sebagai contoh, Laut Mediterania mempunyai salinitas yang tinggi yang merupakan hasil dari besarnya penguapan yang terjadi di sini. Akibatnya lapisan permukaan menjadi lebih padat yang kemudian akan tenggelam ke lapisan yang lebih dalam. Sirkulasi massa air yang ditimbulkan oleh adanya perbedaan suhu dikenal sebagai thermohaline circulation. Proses ini menyebabkan timbulnya aliran massa air dari laut yang dalam di daerah kutub selatan (Antartik) dan kutub utara (Artik) ke arah daerah tropic Olii (2003).

            Densitas suatu perairan sangat dipengaruhi oleh suhu dan salinitas. Pada daerah yang memiliki salinitas yang tinggi maka daerah tersebut kemungkinan memiliki densitas yang tinggi pula. Sedangkan untuk suhu, semakin rendah suhu maka densitas akan semakin tinggi. Namun densitas maksimal dari perairan akan tercapai pada saat suhu perairan mencapai  4o C. Peningkatan densitas yang sangat mencolok akan kita dapatkan dalam lapisan termokloin dimana suhu turun secara drastic terhadap kedalaman (Nontji, 1993).

No comments:

Post a Comment

Pengelompokan Mikroorganisme Berdasarkan Suhu, Nutrisi, Cahaya Matahari, Ph Dan Tekanan Hidrostatik

1.     Suhu berperan penting dalam mengatur jalannya reaksi metabolisme bagi mahluk hidup tidak terkecuali pada mikroorganisme. Berdasa...