Thursday, December 20, 2012

Sedimen


        Sedimen adalah material atau pecahan dari batuan, mineral dan material organik yang melayang-layang di dalam air, udara, maupun yang dikumpulkan. Seluruh permukaan dasar laut ditutupi oleh sedimen berupa partikel-partikel yang diendapkan secara perlahan dalam jangka waktu yang lama. 

      Partikel penyusun sedimen ummnya berasal dari hancuran pengikisan batuan pelapukan potongan cangkang dan sisa tulang rangka organisme laut. Berdasarkan partikel penyusun ini didapati tipe, komposisi dan ukuran penyususn yang berbeda-beda.model lain dalam mengidentifikasi sedimen adalah dengan cara melihat sumber asalnya:
·       Sedimen Lithogenous        : yaitu jenis sedimen yang berasal dari hasil pengikisan batu-batuan di darat yang disebabkan oleh kondisi panas ekstrim, kondisi dingin yang ekstrim, aksi-aksi kimia yang terbawa aliran hujan.
·        Sedimen Biogenous       : yaitu sedimen yang berasal dari sisa-sisa rangka dan kulit cangkang organise yang mengalami pelapukan dan pengendapan partikel sedimen halus.

No comments:

Post a Comment

Pengelompokan Mikroorganisme Berdasarkan Suhu, Nutrisi, Cahaya Matahari, Ph Dan Tekanan Hidrostatik

1.     Suhu berperan penting dalam mengatur jalannya reaksi metabolisme bagi mahluk hidup tidak terkecuali pada mikroorganisme. Berdasa...