Thursday, December 20, 2012

Oseanografi



Oseanografi sebagai ilmu pengetahuan terpadu dan beberapa penjelasan-penjelasan singkat mengenai sumber-sumber alam kelautan yang menjadi hajat kehidupan dewasa ini sehingga menjadikan pentingnya oseanografi dipelajari dan dikembangkan.
            Oseanografi adalah ilmu tentang laut yang merupakan suatu disiplin ilmu yang mencakup segala aspek dari laut, seperti sifat atau keadaan gerakan air laut, keadaan dasar laut, keadaan udara atau atmosfir diatas laut, keadaan unsure-unsur atau senyawa dan proses-proses kimia di laut dan proses kehidupan dilaut. Oseanografi dapat dibagi menjadi 4 kelompok ilmu,yaitu : Fisika oseanografi, Kimia oseanografi, Biologi oseanografi, Geologi oseanografi
Pembagian kelompok cakupan ini menjadikan oseanografi sebagai kelompok ilmu terpadu yang ruang lingkupnya berdasarkan dari keempat ilmu tersebut. Adapun ilmu lainnya antara lain sejarah, antropologi, klimatologi, meteorology, sosiologi, ekonomi dan budaya hanyalah terkait dalam melengkapi lingkup pengetahuan oseanografi itu sendiri.

gambar.1 pembagian wilayah laut berdasarkan dinas Hidro-Oseanografi Indoesia
Salah satu alasan utama pentingnya oseanografi dipelajari bahwa lautan sejak berabad-abad lamanya hingga kini merupakan tempat mata pencaharian bagi banyak orang. Khusus di Indonesia sebagai Negara kepulauan yang terdiri dari kuranglebih 13000 pulau yang tersebar dengan jumlah penduduk saat ini kurang lebih 220 jiwa dan dominan merapat dan mendiami daerah-daerah pesisir.

Tidak diragukan lagi bahwa laut menjadi bagian bumi terluas (2/3 dari permukaan bumi) yang ditempati sebagai media habitat kehidupan dunia. Sejarah perkembangan oseanografi dibagi menjadi empat fase tahapan. Pertama yaitu fase awal peradaban dengan pelayaran coba-coba antar pulau.fase ini merupakan awal peradaban dunia kelautan masih terbatas pada Negara yang memilki kapal-kapal pelayaran.kedua yaitu fase awal penelitian keilmuanyang dimulaipada abad IV sebelum masehi yang diprakarsai oleh seorang ilmuan junani,aristoteles.ketiga yaitu fase transformasi huhubungan  antar ilmu pengetahuan.keempat yaitu fase kemajuan pelayaran dengan penemuan-penemuan yang menghasilkan gambaran peta pelayaran dunia yang semakin lengkap.

No comments:

Post a Comment

Pengelompokan Mikroorganisme Berdasarkan Suhu, Nutrisi, Cahaya Matahari, Ph Dan Tekanan Hidrostatik

1.     Suhu berperan penting dalam mengatur jalannya reaksi metabolisme bagi mahluk hidup tidak terkecuali pada mikroorganisme. Berdasa...