Saturday, December 15, 2012

Rhizophora mucronata



Bakau adalah nama sekelompok tumbuhan dari marga  Rhizophora, suku Rhizophoraceae. Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri yang menyolok berupa akar tunjang  yang besar dan berkayu, pucuk yang tertutup daun penumpu yang meruncing, serta buah yang berkecambah serta berakar ketika masih di pohon (vivipar).

 


ada beberapa jenis Rhizophora yang menyebar diseluruh indonesia, salah satunya adalah Rhizophora mucronata. Rhizophora mucronata memiliki Pohon tinggi dengan akar tunggang yang biasanya abortif; akar lateral atau banyak. Batang menyilinder, warna hampir hitam atau kemerahan, permukaan kasar atau kadang-kadang bersisik, dengan retak-retak melintang yang menonjol hampir melingkari batang. Daun melonjong, dengan titik-titik hitam yang terlihat pada permukaan bawah, warna hijau mengkilap di atas dan lebih pudar di bawah permukaan daun. Perbungaan aksiler, menggarpu, berwarna kuning muda sampai hampir putih; daun mahkota melanset, kekuningan muda. Buah matang bani membulat telur memanjang, coklar-hijau pudar. 

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
                Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
                   Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
                            Ordo: Myrtales
                                   Famili: Rhizophoraceae
                                               Genus: Rhizophora
                                                        Spesies: Rhizophora mucronata 


Rhizophora mucronata tumbuh pada pantai-pantai tropis dari Afrika Timur ke Madagaskar, pulau-pulau di Samudera Hindia, daratan Asia Tenggara, Indonesia dan Filipina, timur laut Australia dan Kepulauan Pasifik Selatan sejauh kelompok Tonga. Pada tahun 1922 jenis ini diintroduksi ke Hawaii dan tumbuh meliar di sana.

No comments:

Post a Comment

Pengelompokan Mikroorganisme Berdasarkan Suhu, Nutrisi, Cahaya Matahari, Ph Dan Tekanan Hidrostatik

1.     Suhu berperan penting dalam mengatur jalannya reaksi metabolisme bagi mahluk hidup tidak terkecuali pada mikroorganisme. Berdasa...