Tuesday, January 1, 2013

Metereologi



Metereologi (Bahasa Yunani : Meteor atau ruang atas, yakni atmosfer.  Logos atau ilmu), adalah cabang ilmu pengetahuan yang membahas pembentukan dan gejala perubahan cuaca yang berlangsung di atmosfer. Meteorologi laut adalah ilmu yang mempelajari proses-proses, kejadian-kejadian, peristiwa-peristiwa atmosfer diatas badan air dan segala pengaruhnya terhadap badan air tersebut. Untuk mengetahui peristiwa-peristiwa, proses-proses dan kejadian-kejadian atmosfer maka diperlukan stasiun-stasiun pengamatan cuaca. (stasiun meteorologi). Adapun bentuk pengamatan yang dilakukan berupa pengamatan  cuaca-cuaca permukaan yang meliputi hujan, suhu,  arah dan kecepatan angin, pasang surut,  tekanan (Rasyid, 2009).
Meteorologi adalah studi proses fisis dan gejala cuaca di alam. Meteorologi dibagi menjadi subdisiplin ilmu yaitu:
a. Meteorologi fisis yaitu studi struktur dan komponen atmosfer atau transfer radiasi elektromagnetik, proses pembentukan awan dan hujan, listrik atmosfer, optik dan akustik atmosfer.
b.    Meteorogi sinoptik yaitu studi tentang deskripsi, analisis dan peramalan gerak atmosfer, skala luas. Sinoptik berarti pengamatan (data) cuaca secara simultan pada daerah yang luas.
c.    Meteorologi dinamik yaitu studi gerak atmosfer atau gaya- gaya penyebab berdasarkan prinsip dinamika fluida (Rasyid, 2009).

No comments:

Post a Comment

Pengelompokan Mikroorganisme Berdasarkan Suhu, Nutrisi, Cahaya Matahari, Ph Dan Tekanan Hidrostatik

1.     Suhu berperan penting dalam mengatur jalannya reaksi metabolisme bagi mahluk hidup tidak terkecuali pada mikroorganisme. Berdasa...