Tuesday, January 1, 2013

Angin



Angin adalah udara yang bergerak dari satu tempat ke tempat lain yang disebabkan oleh adanya perbedaan tekanan udara yang merupakan hasil dari pengaruh ketidakseimbangan pemanasan matahari terhadap tempat-tempat yang berbeda di permukaan bumi ini. Keadaan ini menyebabkan naiknya bsejumlah besar massa udara yang ditandai dengan timbulnya sifat khusus yaitu terdapatnya tekanan udara yang tinggi dan rendah (Hutabarat dan Evans, 1986).
Arah dan kecepatan angin dapat diketahui dengan bermacam-macam cara, antara lain : 3600 berarti angin bertiup  kearah Utara, 1800 dinyatakan arah Selatan, 900 arah Timur dan untuk angin uyang bertiup kea rah Barat dengan sudut 2700 (Samad, 2009).
Besarnya kecepatan angin yang bertiup disuatu daerah dapat diukur dengan alat yang disebut dengan anemometer. Biasanya digunakan anemometer mangkok, dimana ada bagian yang terpenting dari alat ini yakni mangkok-mangkok yang berputar pada sumbu yang tegak lurus dan terdiri dari tiga atau empat buah mangkok. Kalau bagian yang cekung terkena tiupan angin maka mangkok-mangkok tersebut akan berputar pada sumbunya (Nontji, 1993).
Menurut Hutabarat dan Evans (1986), seluruh permukaan bumi dapat dibagi menjadi beberapa daerah utama yang mempunyai tekanan rendah dan tinggi yang tergantung letak lintang. Hal ini menyebabkan timbulnya tiga sistem utama pada setiap hemisfer. Mereka terdiri dari:
a.    Angin yang terletak pada lintang antara 00 dan 300 yang dikenal sebagai Trade Wind. Angin bertiup dari arah Timur ke Barat
b.    Angin yang terletak pada lintang antara 300 dan 600 yang bertiup dari arah Barat ke Timur.
c.    Angin yang terletak didaerah kutub (antara 600 sampai ke Kutub) yang umumnya bertiup dari arah Timur ke Barat.
 
gambar 1. angin laut dan angin darat
Pada waktu pagi hari, daratan akan lebih cepat menjadi panas daripada lautan yang mengakibatkan udara di atas daratan naik, dan udara dari lautan akan mengalir ke daratan untuk menggantikan kekosongan tempat ini (angin laut). Gambar bawah: Pada waktu malam hari, daratan akan mejadi lebih cepat dingin daripada lautan. Udara di atas lautan akan naik dan tempat yang kosong ini kemudian akan diisi oleh udara yang mengalir dari daratan ke laut (angin darat) (Hutabarat dan Evans, 1986).

No comments:

Post a Comment

Pengelompokan Mikroorganisme Berdasarkan Suhu, Nutrisi, Cahaya Matahari, Ph Dan Tekanan Hidrostatik

1.     Suhu berperan penting dalam mengatur jalannya reaksi metabolisme bagi mahluk hidup tidak terkecuali pada mikroorganisme. Berdasa...